KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PANEL BETON RINGAN
Panel Lantai
 Kelebihan dan Kekurangan Panel Beton Ringan.
Apakah kelebihan dan kekurangan Panel beton ringan? Maraknya penggunaan Panel beton sebagai bahan baku pendirian bangunan mendorong terciptanya berbagai beton jenis baru. Salah satunya ialah Panel beton ringan alias ALC (Aerated Lightweight Concrete) atau AAC (Autoclaved Aerated Concrete). Beton ini terbuat dari pasir silika, semen, kapur, air, dan zat aditif yang selanjutnya diproses menggunakan tekanan uap air.
Disebut Panel beton ringan karena berat rata-rata beton ini lebih ringan daripada berat beton pada umumnya. Bahkan berat Panel beton ringan bisa diatur sedemikian rupa agar sesuai dengan kebutuhan. Biasanya beton ini memiliki bobot yang berkisar antara 600-1600 kg/m3. Jadi keunggulan utama Panel beton ringan terletak pada bobotnya yang lebih ringan sehingga dapat mengurangi bobot bangunan secara signifikan.
Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Panel beton ringan ini, antara lain :

Balok-balok Panel beton ringan mudah sekali dibentuk. Proses pemotongannya pun bisa dilakukan secara cepat dan akurat untuk memenuhi kebutuhan pembangunan. Tidak perlu menggunakan alat potong khusus, sebab balok Panel beton ringan ini bisa dipotong dengan gampang cukup memakai gergaji.Kebutuhan panel beton ringan dalam suatu proyek pembangunan dapat dihitung dengan tepat karena ukurannya yang akurat. Bentuknya yang mudah disesuaikan dengan kebutuhan pun memungkinkan pemakaiannya bisa dilakukan semaksimal mungkin. Sehingga kemungkinan balok-balok beton yang tersisa di akhir pembangunan dapat diminamilisir.Pemakaian Panel beton ringan dapat meminimalisir penggunaan material-material yang lainnya. Contohnya dalam pembuatan dak lantai menggunakan bahan ini, maka tidak diperlukan lagi bahan tambahan berupa batu atau kerikil untuk mengisi lantai beton. Biaya pembangunan struktur sloof dan pondasi juga bisa dikurangi. Dengan demikian proses pengerjaan konstruksi pun menjadi lebih sederhana.Karena mempunyai bobot yang tidak terlalu berat, biaya transportasi yang diperlukan untuk mengangkut beton ringan dari pabrik ke lokasi pembangunan pun bisa dihemat. Keuntungan ini akan semakin bertambah apabila jarak antara pabrik dengan lokasi proyek semakin berdekatan.Ringannya bobot yang dimiliki oleh material ini juga dapat dirasakan oleh para tukang bangunan yang memasangnya. Mereka akan merasa tidak cepat lelah, jauh berbeda saat mendirikan beton konvensional. Jadi waktu pengerjaan proyek pun bisa lebih singkat.Panel Beton ringan tidak membutuhkan ikatan semen yang terlampau tebal untuk menjaga posisinya. Anda cukup menggunakan adonan semen setebal 3 mm di antara balok-balok beton ringan ini.Panel Beton ringan juga bersifat tahan terhadap panas dan api sebab memiliki berat jenis yang rendah, kedap suara, tahan lama, kuat tapi ringan, serta tahan gempa. Selain itu beton juga aman dan nyaman karena memiliki beberapa sifat lain yaitu anti serangga, anti jamur, serta tidak mengalami rapuh, bengkok, berkarat, ataupun korosi.http://panellantaijateng.com/

0 comments Blogger 0 Facebook

Post a Comment

 
Panel Lantai Salatiga | Panel Lantai Magelang | Panel Lantai Tegal © 2017. All Rights Reserved.
Top